5 Macam Makanan Diet Sehat Ibu Hamil yang Juga Dapat Menambah Darah

Tidak semua program diet cocok digunakan sebagai program diet sehat ibu hamil. Seorang wanita yang sedang hamil jelas membutuhkan lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan orang-orang yang hanya ingin menurunkan berat badan.

Program diet sehat ibu hamil jelas tidak sama. Dari segi pemilihan makanannya, program diet sehat khusus untuk ibu hamil biasanya lebih memilih makanan yang tidak hanya menyehatkan, namun juga dapat menambah darah.

Sudah taukah anda apa saja makanan yang baik untuk diet dan sekaligus bisa menambah darah? Bagi anda yang belum tau, anda bisa membaca 5 jenis makanan diet sehat ibu hamil yang juga dapat menambah darah berikut ini:

1.     Ikan salmon

Ikan salmon adalah makanan baik pertama bagi ibu hamil. Selain cocok sebagai jenis makanan diet sehat ibu hamil karena memiliki kandungan omega 3, ikan salmon juga dapat meningkatkan darah karena adanya kandungan zat besi di dalamnya.

Selain baik untuk ibu hamil, ikan salmon juga sangat baik untuk mendukung pertumbuhan janin karena janin juga akan mendapatkan asupan omega 3.

2.     Kacang almond

Selain ikan salmon, kacang almond juga termasuk sebagai makanan diet sehat ibu hamil. Kacang almond tidak hanya sehat untuk dikonsumsi oleh wanita hamil karena adanya kandungan lemak nabati di dalamnya.

Kacang almond juga menyehatkan bagi wanita hamil karena adanya kandungan zat besi yang dapat menambah darah. 1 ons kacang almond diperkirakan dapat memberikan 6% asupan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh.

3.     Daun singkong

Daun singkong memang tidak terlalu digemari oleh orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Namun demikian, daun singkong ini masih termasuk sebagai salah satu jenis makanan diet sehat ibu hamil yang dapat meningkatkan darah.

Tidak hanya memiliki kandungan zat besi saja, daun singkong juga memiliki kandungan fosfor, vitamin C, vitamin B1, protein, dan juga karbohidrat yang cukup tinggi.

Jadi dari daun singkong saja, anda sudah bisa mendapatkan banyak sekali nutrisi. Karena itu, tidak heran jika daun singkong termasuk sebagai makanan diet sehat ibu hamil.

4.     Kuning telur

Bagi anda yang sedang hamil dan memiliki masalah dengan darah rendah, anda juga bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi kuning telur. Kuning telur juga termasuk sebagai makanan diet sehat ibu hamil karena dapat memberikan asupan protein yang cukup tinggi. Mengkonsumsi 2 sampai 3 kuning telur setiap hari sangat baik untuk meningkatkan darah.

5.     Jambu biji

Jambu biji memang tidak memiliki kandungan zat besi seperti makanan diet sehat ibu hamil lainnya. Meskipun demikian, jambu biji adalah salah satu jenis buah yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi.

Penelitian bahkan membuktikan bahwa kandungan vitamin C di dalam jambu biji jauh lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk.

Vitamin C yang ada di dalam jambu biji sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penyerapan nutrisi seperti zat besi di dalam tubuh.

Bagi anda yang sedang hamil dan memiliki masalah darah rendah, sebaiknya mulailah mengkonsumsi 5 macam makanan diet sehat ibu hamil yang juga mampu meningkatkan darah tersebut secara rutin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s